Jumat, 11 November 2011

Jodoh dan Pernikahan

Hari ini Jum'at tanggal 11 bulan 11 tahun 2011. Banyak banget pasangan yang memutuskan menikah hari ini. Alesannya macam2, ada yang supaya inget tanggal pernikahannya, ada yang merasa keren nikah di tanggal cantik, ada yang...pokoknya banyak deh. Yang pasti hari ini bakal banyak janur kuning melengkung di depan gang, gedung pertemuan, masjid, dan beberapa tempat lainnya. Buat yang sedang melaksanakan akad nikah hari ini, saya ucapkan SELAMAT MENAPAKI KEHIDUPAN YANG SESUNGGUHNYA.
Karena hari ini sepertinya banyak yang sedang melaksanakan ijab kabul, jadi saya mau bahas mengenai jodoh dan pernikahan.
Allah berfirman
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (Q.S. An-Nur: 26)


Dari ayat tersebut jelas terlihat bahwa Allah menjodohkan seseorang dengan orang yang sesuai dengan sikap dan perbuatannya. Kadang kita melihat ada perempuan yang baik tapi menikah dengan laki2 yang keji. Namun, bukan berarti bahwa ayat ini tidak berlaku untuknya. Mungkin si perempuan tidak berhati2 dalam memilih jodoh, tidak melihat latar belakang kehidupan calon pasangannya, atau sang laki2 begitu lihai menyembunyikan sisi negatif dirinya sehingga sang perempuan hanya bisa melihat sisi positif dari si laki2. *Bisa berlaku sebaliknya juga loh.


Jodoh itu rahasia Allah, hanya Dia yang tahu siapa jodoh kita. Jadi jangan segan meminta yang terbaik utk jodoh kita, agar pernikahan kita memberi ketenangan. Percayalah Allah pasti menjodohkan kita dengan orang yang sesuai untuk kita. Jodoh yang Allah pilihkan pasti bisa menutupi kekurangan kita, menjadikan hidup kita lebih lengkap, dan memberi warna yang lebih banyak pada kehidupan kita.


Bila kita diberi jodoh yang pemalas, berpikir positiflah bahwa Allah ingin kita rebih rajin. Bila kita diberi jodoh yang keji, segeralah bertaubat..mungkin kita pernah melakukan kekejian kepada orang lain. Jika kita belum dipertemukan dengan jodoh kita, berpikir positiflah bahwa Allah ingin kita lebih berbakti kepada orang tua kita dulu. Bila kita dipisahkan dari pasangan kita baik melalui kematian maupun perceraian, ikhlaskanlah Allah mungkin menyiapkan pengganti yang lebih baik bagi kita. Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan.


Bagi yang belum menemukan jodohnya bisa juga dicoba cara2 berikut: (diambil dari tweet )
1. Datangi ayah dan ibumu, mohonkan maaf serta doanya, agar jalanmu mulus dlm men #jemputjodoh Sesungguhnya rido dan doa ortu mu adlh kekuatan paling dashyat bagimu
2. Pantaskanlah dirimu di hadapan Allah #jemputjodoh Bagaimana memantaskan diri pada Allah? Mulai introspeksi, bgm ibadah2 fardhu kita selama ini

Memperbaiki serta meningkatkan kualitas diri dlm ibadah fardhu ataupun sunnah, PERLU utk #jemputjodoh caranya sebagai berikut:
1. Perbaiki wudhumu, sudah? Dg menjaga wudhu setan galau emoh mampir, malaikat senang berdampingan denganmu
2. Perbaiki ketepatan waktu shalatmu, sudah?
3. Perbaiki ketertiban dan kekhusyuan shalatmu, jgn cuma 5 menit doong, TERLALU
4. Tambah intensitas shalat fardhu mu dg shalat sunnah, sudah? Mulai dg shalat Dhuha, lalu rawatib dan dini hari Tahajjud
5. Shaum sunnah, sudah?
6. Bagi para gadis nih, sudah memakai hijab? Pantaskanlah kau dipilih krn kecantikan akhlakmu, bukan sekedar tubuhmu
7. Pakailah hijab yg sesuai aturan Islam, gaya boleh tapi jgn jadi ANEH (berkerudung tp ngetat *haduh*)
8. Bagi para bujang nih, stop GALAU dan GA BERANI, yg siap tentukan tgl pernikahan adl laki2 pemberani
10. BERSHODAQOH, sudah? Segera!! ini salah satu jalan utk #jemputjodoh Shodaqoh jangan tanggung2, selain niat yg ikhlas (belajar ikhlas) berikan jg yg terbaik dlm shodaqohmu
11. Perbaiki harta dan makananmu, sudah? Cari yang HALAL, karenanya doa tidak akan terhalang
12. Adakah hal yg lain yg kau berikan untuk Allah, selain ibadah2 pribadimu saja?
13. Niatkan semua ibadahmu bukan sekedar #jemputjodoh tetapi juga utk dicintai Allah. Kl Allah sdh Cinta apa yg tidak, Right?
14. Sabar dan selalu positive thinking pd Allah ats segala ujiannya, semua indah pada waktunya, ok?
15. Yang sdh punya pasangan tp belum nikah, ga usah lama2, segera sahkan hub kalian jd hub yg HALAL
16. Yakin, pintu rizki akan lebih terbuka lg jika menyegerakan menikah, jangan tunda utk segera melamar gadis yg dicintai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar